Selasa, 30 Juni 2020

Pengertian sambungan Dan Macam-macam sambungan

SAMBUNGAN  

Mesin atau kontruksi terdiri dari beberapa bagian , Yang mana bagian yang satu dengan yang lain akan di hubungkan . Salah satu Cara untuk menghubungkan satu bagian tersebut adalah dengan Cara memberikan sambungan .
Sambungan adalah hasil dari penyatuan beberapa bagian atau kontruksi dengan menggunakan suatu Cara tertentu . 

Macam-macam sambungan : 
~Sambungan tetap yaitu sambungan yang Hanya dapat di lepas dengan Cara menujaknya .
 Contohnya : sambungan kelling Dan sambungan elas .
~Sambungan tidak tetap yaitu sambungan yang dapat Kita lepas Dan dapat Kita bongkar tanpa merusak sesuatu .
Contohnya : Sambungan baut , sambungan pasang dan sambungan pena


Secara garis besar sambungan difungsikan untuk mengikat suatu kontruksi mesin baik secara permanen ataupun tidak permanen secara sederhana . Ada beberapa jenis sambungan yang Kita kenal yakni sambungan baut , sambungan keling , sambungan Las Dan lainnya.  

~Sambungan baut 
Sambungan baut adalah salah satu bentuk sambungan tidak permanen sambungan ini dapat dilepas atau dirakit kembali sesuai keadaan yang diinginkan.



~Sambungan paku keling


Paku keling \ Rivet
adalah salah satu metode penyambungan yang sederhana sambungan keling umumnya diterapkan pada jembatan bangunan , ketel , tangki , kapal Dan pesawat terbang . Penggunaan metode penyambungan dengan paku keling ini juga sangat baik digunakan untuk penyambungan pelat-pelat aluminum pengembangan penggunaan rivet dewasa ini umumnya digunakan untuk pelat-pelat yang sukar di Las dan di Patri dengan ukuran yang relatif kecil setiap bentuk kepala rivet ini mempunyai kegunaan tersendiri masing-masing jenis mempunyai ke khususan dalam menggunakannya


Bagian utama paku keling adalah : 
-Kepala 
-Badan
-Ekor
-Kepala lepas




Tidak ada komentar:

Posting Komentar