Selasa, 29 Mei 2018

Pengertian KOMPRESOR , Jenis-Jenis KOMPRESOR

Prinsip kerja KOMPRESOR

KOMPRESOR Adalah alat pemampat atau pengkompresi udara sehingga kompresor ini penghasil udara mempat karena proses pemempatan , udara mempunyai tekanan yang lebih tinggi di bandingkan dengan tekanan luar ( 1 Atm ) . Dalam keseharian kita sering memanfaatkan udara mampat baik secara langsung maupun tidak langsung sebagai contoh , udara mampat yang digunakan untuk mengisi ban mobil atau sepeda motor , dan memompa bola udara.
            Kompresor banyak dipakai untuk mesin Pneumatik sedangkan yang menjadi satu dengan mesin yaitu turbin gas , mesin pendingin dan lain nya dengan mengambil contoh kompresor sederhana yaitu pompa BAN  sepeda atau mobil , Prinsip kerja kompresor dapat dijelaskan sebagai berikut , Jika torak pompa di tarik ke atas tekanan selinder akan turun sampai dibawah tekanan atsmofer sehingga Udara akan masuk melalui celakatub selang hisap . Katub terbuat dari kulit lentur , dapat mengencang dan mengendup dan dipasang pada torak . Setelah udara masuk pompa kemudian torak turun kebawah dan menekan udara sehingga volume nya menjadi kecil .
Dibawah ini menunjukan gambar Prinsip kerja Kompresor  :


Sumber : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgyN_Ik2PTdrYeuHtxbejtxpbBgsL9uUSKRCxKCMZPTYYi5CrbCFaqHzjyrhGd91Asn4sruTqTWiggHCLP-tGx0lGEsmL4kyfxOsHCLmWbkANZ3ghHnMaxSAxuW6gjmx5Y6Roo_3ZQSdus/s1600/kompresor.gif



Tekanan menjadi naik terus sampai berbunyi tekanan didalam BPM Sehingga udara mampat dapat masuk Ban melalu kaki , Melalu katub , Atau pentil karena diisi udara mampat terus menerus Tekanan udara menjadi naik . Proses pemampatan terjadi karena perubahan volume pada udara yaitu menjadi lebih kecil dari kondisi awal. Kompresor yang terlihat pada gambar di atas biasa kita jumpai di bengkel-bengkel kecil sebagai penghasil udara tekan untuk keperluan pembersih kotoran dan pengisi ban sepeda motor atau mobil . Prinsip kerja nya sama dengan pompa ban yaitu memampatkan udara di dalam silinder dengan torak . Perbedaannya terletak pada katubnya kedua katup dipasang di kepala silinder , dan tenaga penggerak nya adalah motor listrik . Tangki udara berfungsi sama dengan ban yaitu sebagai penyimpan udara tekan .



JENIS - JENIS KOMPRESOR : 

Dari sistem kerjanya kompresor di bedakan menjadi :
~Kompresor Kerja tunggal
~Kompresor Kerja ganda


Pada gambar diatas adalah proses kerja dari kompresor kerja tunggal adapun urutan proses lengkap adalah sebagai berikut . Langkah pertama adalah langkah hisap , Torak bergerak kebawah oleh tarikan engkel didalam ruang silinder tekanan menjadi vakum dibawah1 atsmofir katup hisab terbuka karena perbedaan tekanan dan udara terhisap kedalam ruang diatas torak . Kemudian torak bergerak ke atas , Katup hisap tertutup dan udara dimampatkan karena tekanan udara , katup keluar menjadi terbuka .



Sumber : https://qtussama.files.wordpress.com/2012/01/kompresor-kerja-ganda.jpg


Gambar diatas adalah Kompresor torak kerja ganda . Proses kerja nya tidak berbeda dengan kerja tunggal pada kerja ganda , setiap gerakan terjadi sekaligus langkah penghisapan dan pengkompresian . Pada saat torak bergerak kekanan maka terjadi pemampatan udara pada sisi sebelah kanan dan katub keluar sebelah kanan terbuka . pada saat itu juga terjadi kevakuman pada ruang disebelah kiri torak , sehingga katup masuk terbuka dan udara dari saringan akan masuk keruang disebelah kiri torak . Setelah itu torak akan bergerak kekiri dan terjadi pemampatan udara pada sisi sebelah kiri torak dan katub keluar sebelah kiri akan terbuka pada saat yang sama juga terjadi kevakuman pada ruang disebelah kanan torak sehingga katub masuk sebelah kanan terbuka dan udara dari saringan akan masuk keruang sebelah kanan dari torak dengan kerja ganda . Kerja Kompresor menjadi efesien .






7 komentar: